Apa Sih Yang Ada Di Museum Macan?

Apa Sih Yang Ada Di Museum Macan?

Museum biasanya menjadi tempat yang jarang dikunjungi untuk para wisatawan yang mencari keramaian. Jika biasanya museum diisi dengan beberapa benda atau peninggalan jaman dahulu, kali ini Vincencio mengunjungi museum modern yang sedang ramai dibicarakan oleh orang-orang. Bagaimana sih bentuk dari museum modern ini?

Museum modern ini dikenal dengan nama Museum Macan. Tapi bukan karena isinya macan ya Friends. Macan sendiri merupakan singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Jadi benda-benda dan tema yang diusung oleh museum ini memang berbeda beda setiap periodenya. Museum Macan ini terletak di AKR Tower, Jl. Panjang No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Daya tarik yang pertama dari Museum Macan adalah karya seni lintas masa. Dari mulai karya seni tradisional di masa lampau, hingga karya seni modern dan kekinian.Karya-karya seni di Museum Macan bukan hanya hasil karya seniman asal Indonesia saja. Terdapat beberapa seniman dari luar negeri yang terlibat di Museum Macan Jakarta. 

Museum Macan Museum Macan

Dan kali ini sedang berlangsung pameran dari Chiharu Shiota: The Soul Trembles, pameran terbesar dan komprehensif dari perupa Jepang ternama. Chiharu Shiota menampilkan karya-karya berupa instalasi besar, patung, video performans, seni gambar, serta dokumentasi dari praktik performans dan proyek tata panggung teater yang pernah ia kerjakan.Pameran ini berlangsung dari tanggal 25 November 2022 sampai 30 April 2023. 

Sejarah Museum Macan berdiri dari kesamaan visi beberapa orang yang peduli akan perkembangan dunia seni, baik seni tradisional, hingga karya seni modern di berbagai negara di dunia. Adapun tujuannya yaitu untuk memberikan nilai edukatif, khususnya bagi para pengunjung yang datang ke museum tersebut. Konsep Museum Macan sangat keren, menyentuh semua lapisan usia, kekinian, serta ada kritik sosialnya juga. Untuk orang-orang yang biasanya tidak menyukai museum, Museum Macan ini akan memberikan kesan berbeda dengan tampilannya dan juga terdapat spot 3D yang akan memanjakan mata. 

Jam operasional Museum Macan ini dari pukul 10.00-19.00 WIB, dan buka dari hari Selasa sampai Minggu.

Jalan menuju Museum Macan bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua, maupun roda empat. Bisa juga dengan menggunakan moda transportasi umum karena tempatnya yang memang dipinggir jalan dan mudah ditemukan. Tetapi bagi anda yang ingin menggunakan KRL, terutama yang dari luar Jakarta, caranya memilih tujuan stasiun yang paling dekat dengan Museum Macan. Setelah itu lanjutkan dengan naik bus Transjakarta. Memang, untuk naik KRL bisa beberapa kali turun di stasiun yang berbeda.

Fasilitas yang tersedia di Museum Macan adalah sebagai berikut:

  • Karya seni modern,
  • Karya seni tradisional,
  • Toko museum,
  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Ruang seni anak,
  • Ruang ibu dan anak.
  • Tempat penitipan barang

Untuk Vince Friends yang ingin berkunjung Museum Macan, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam museum,
  • Dilarang membawa kamera DSLR,
  • Wajib mematuhi protokol kesehatan.
  • Disarankan menggunakan tas kecil saja, tas besar bisa dititipkan di tempat penitipan barang.

Museum Macan

Untuk kamu yang menyukai pameran yang tidak biasa dengan tampilan-tampilan dari instalasi besar, Museum Macan ini adalah tujuan yang tepat. Selain karena memang dekat dari perkotaan, nilai-nilai yang ditampilkan juga sangat menyenangkan. Untuk Vince Friends yang ingin mengunjungi Museum Macan, kamu bisa menggunakan sandal Vincencio Nihon Triple Black agar perjalanan menuju Museum terasa nyaman dan juga bisa membuat penampilanmu menjadi lebih stylish.

Baca Juga

Coffee Shop Aesthetic Terbaru!

Kembali ke blog